Resep 4 - Nasi Bebek Madura

Posted On // Leave a Comment
Resep Nasi Bebek Madura
Seperti ini tampilannya, mungkin kurang menarik, tapi rasanya mantab deh. Credit Photo : bebek-madura.blogspot.com
Selepas Isya tadi perut saya mulai protes karena belum juga mendapatkan apa yang menjadi haknya. Berpikir sebentar mau makan apa malam ini, karena sudah seminggu ini makan mie instant terus,akhirnya saya putuskan untuk cari Nasi Bebek Madura.

Sudah lama saya tidak makan santapan yang satu ini. Padahal dulu saat tinggal di daerah Klender Jakarta Timur, hampir setiap hari saya menyantap Nasi Bebek Madura. Bahkan kalau tidak salah ingat, semua warung Nasi Bebek Madura yang ada di Klender sudah pernah saya sambangi.

Karena saya menyukai Nasi Bebek Madura ini, akhirnya saya putuskan untuk tanya-tanya resep masaknya langsung ke si Ibu penjualnya. Antara 1 penjual dengan penjual yang lain ada sedikit perbedaan resep. Saya pikir mungkin itu cara mereka supaya saya sebagai pembeli tidak tau resep asli Nasi Bebek Madura yang mereka jual. Tak Apalah :D Yang penting, setelah beberapa kali melakukan percobaan, akhirnya saya bisa juga memasak Nasi Bebek Madura yang saya mau.

Mungkin rasanya tidak terlalu sama dengan yang mereka jual. Tapi saya sudah cukup senang karena berhasil memasak salah satu makanan favorit saya tersebut.

Oke, untuk memasak Nasi Bebek Madura seperti yang saya masak, ini dia bahan dan bumbu yang harus kamu siapkan :

Bahan:
  • 1 ekor bebek, potong-potong sewajarnya ya :D
  • 2 sdm cuka (Tapi saya pribadi lebih suka pakai air jeruk nipis atau jeruk lemon
  • 500 ml air
  • 6 lembar daun jeruk purut
  • 3 batangs erai, dipotong 4 cm dari pangkal akar, lalu dimemarkan.


Bumbu,dihaluskan semua nih:
  • 10 butir bawang merah
  • 6 butir kemiri
  • 4 siung bawang putih
  • 3 sdt ketumbar sangrai
  • 1 sdt merica butiran sangrai
  • 2 cm jahe
  • 3 cm kunyit
  • 4 lembar daun jeruk purut
  • 3 cm lengkuas muda
  • 2 batang serai, ambil bagian yang putih, iris halus
  • 2 sdt garam
Cara Membuat:
  • Pertama, bersihkan bebek terlebih dahulu, potong jadi 8 atau 10 bagian. Lumuri dengan cuka/air jeruk nipis sambil diremas-remas hingga rata.
  • Simpan dalam wadah tertutup, diamkan dalam lemari es kurang lebih selama 30 menit. Bilas air hingga bersih, tiriskan.
  • Aduk bebek dengan Bumbu yang dihaluskan sampai rata. Diamkan selama minimal 1 jam.
  • Masak air dengan api sedang, lalu masukkan bebek yang sudah dibumbui. Masak hingga air mendidih dan daging bebek menjadi empuk. Jika perlu, tambahkan lagi air panas.
  • Jika kamu pakai panci presto, masak bebek selama 30 menit
  • Angkat bebek, dinginkan. Sisihkan bumbunya.
  • Goreng bebek dalam minyak banyak dan panas hingga kering.
  • Angkat, tiriskan.
  • Sajikan dengan Sausnya dan Sambal.
  • Saus: masak sisa saus dengan 2 sdm minyak sayur hingga mendidih dan kental. Angkat.

Saus :
  • sisa bumbu perebus bebek (jika kurang bisa ditambah air secukupnya) ditumis dengan sedikit minyak sampai kental, buang ampas rempah2nya (sereh dan daun jeruk). Sisihkan.

Poyah Kelapa Kuning Bahan:
  • 200gr kelapa setengah tua, diparut memanjang
  • Bumbu halus:
  • 1 siung bawang putih
  • ½ sdt garam
  • 1 cm kunyit
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

Caranya:
  • Tebarkan kelapa di loyang lalu jemur di panas matahari sampai setengah kering.
  • Aduk kelapa parut dengan bumbu halus sampai rata.
  • Sangrai dengan api kecil hingga benar-benar kering, matikan api. Dinginkan (tidak perlu di dalam kulkas ya :D ), simpan di stoples.

Pelengkap lain:
  • Nasi hangat
  • Irisan tomat & mentimun
  • Daun kemangi
  • Irisan jeruk nipis
  • Lalapan lain sesuai selera, di penjualnya sih rata-rata cuma dikasih mentimun saja


Selesai deh, resep Nasi Bebek Madura ini cukup untuk 6 orang. Lumayan lah untuk jadi santapan saat santai bersama keluarga.

Luks - September 2013

PS : Teman dekat saya - Dokter di Surabaya sana - bilang, lebih enak jika Poyah Kelapa Kuningnya itu diganti dengan serutan Laos.. layak untuk dicoba nanti. 

0 komentar:

Posting Komentar

Saya sangat menghargai Feedback Anda. So, Please DO NOT SPAM - Komentar Spam akan saya Remove secepat-cepatnya.